© Digital Marketing by DIGITAL INDONESIA. created for Lea Butik 

Cara Mencuci dan Merawat Baju

Cara merawat pakaian agar tidak kusam merupakan sesuatu yang pastinya ingin diketahui oleh semua orang. Pasalnya, memiliki pakaian yang tampak kinclong dan menawan adalah impian semua orang. Untuk menghindarkan impian tersebut hanya menjadi mimpi belaka, maka sangat perlu bagi kita untuk memahami tutorial kali ini dan tentunya mengaplikasikannya dalam kehidupan pencucian kita sehari – hari. Karena seharusnya mimpi adalah hidup kita dan mewujudkannya adalah tujuan hidup kita. Jadikanlah ‘pakaian tidak kusam’ menjadi salah satu mimpi dalam hidup kita dan mewujudkannya adalah tujuan kita membaca artikel ini.

baju sisa import

Sebelum membahas cara merawat pakaian secara mendetail dan mendalam, ada baiknya kita memahami pakaian kusam terlebih dahulu. Mengapa penting untuk memahaminya ? karena dalam mewujudkan mimpi, salah satu yang diperlukan adalah fear atau rasa takut. Rasa takut tersebut yaitu pakaian kamu menjadi kusam. Pakaian kusam disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya mengeringkan pakaian terlalu lama dalam mesin, sering berganti – ganti sabun cuci baju, tidak melakukan proses sortir saat mencuci pakaian, dan mesin cuci terlalu penuh sehingga proses mencuci menjadi kurang bersih.


Jika beberapa faktor tersebut telah terjadi pada pakaian kamu, maka tenanglah dan tetap lanjutkan untuk membaca artikel ini. Di sini telah tersedia cara merawat pakaian agar tidak kusam. Sangat perlu kamu jalani ya agar mimpi tersebut bukan hanya sekedar mimpi.

Berikut beberapa tips untuk merawat pakaian agar tidak kusam.


  1. Jika memperoleh rejeki berupa baju baru, maka sebaiknya cuci baju tersebut secara terpisah dan menggunakan tangan. Sangat perlu untuk mengetahui apakah baju itu luntur atau tidak saat pencucian untuk pertama kalinya.

  2. Jangan merendam pakaian yang memiliki sablon dalam lebih dari 1 jam

  3. Waspadalah ketika merendam pakaian dengan pemutih ataupun pembersih noda. Pasalnya, pembersih noda dapat merubah warna pakaian menjadi memutih (jika pakaian kamu berwarna)

  4. Bergegaslah mencuci sekilas area pakaian yang terkena noda. Misalnya ketika kamu sedang enak – enak makan bakso dan tiba – tiba setetes sambal mendarat di bajumu, maka cara terbaik ialah segeralah mencipratkan air pada area tersebut, kemudian kucek sedikit. Hal itu lebih baik dibandingkan kamu menunggu lama untuk benar – benar mencucinya karena noda tersebut dapat masuk ke serat pakaian.

  5. Membaca label pada pakaian dan mengetahui cara mencuci pakaian – pakaian tersebut sesuai dengan labelnya. Misal cuci pakaian yang mudah luntur dengan air dingin. Jika menggunakan air hangat, maka warna pakaian tersebut akan cepat memudar

  6. Menyetrikanya dengan suhu yang sesuai jenis kainnya. Kita semua setuju bahwa kita pasti menginginkan proses menyetrika yang cepat dan efisien dengan cara menyetrika agar tidak licin. Tak heran, terdapat orang – orang yang menyetrika dengan suhu tinggi agar pakaian mudah rapi dan penyetrikaan pun berjalan singkat.

Nah mungkin bisa menjadi wawasan bagi kalian semua agar lebih hemat dan bijak dalam membeli baju.

29 tampilan